Memanfaatkan Plastik Bekas Jadi Tas Cantik

Tas dari sampah plastik, Foto By: www.pengusaha.co Hallo kawan barangloakbandung, nah kali ini mimin mau share artikel pemanfaa...


Tas dari sampah plastik, Foto By: www.pengusaha.co

Hallo kawan barangloakbandung, nah kali ini mimin mau share artikel pemanfaatan dari sampah palstik yang bisa jadi kawan temui di rumah. Yuuk, kita simak cerita selengkapnya. Cekidot.

Inilah yang dilakukan oleh seorang pemuda 26 tahun asal Garut. Pemuda ini tidak mengecap pendidikan yang tinggi seperti kebanyakan pengusaha suskses yang lain. Pemuda bernama Andri ini hanya lulusan SMA, namun kreatifitas dan jiwa entrepreneurshipnya membuat dia berhasil menjadi salah satu pengusaha yang sangat menginspirasi.


Garut terkenal dengan industri kulit yang memproduksi berbagai jenis kerajinan seperti jaket kulit, sepatu, dan tas. Namun, Andri membangung sebuah usaha yang sangat berbeda dan jauh lebih sederhana dibanding usaha lain di tempat itu. Apa jenis bisnis yang dikerjakan Andri? Dia berbisnis sampah.


Andri pada awalnya mengelola bisnis Bank Sampah di Garut. Namun, setahun kemudian, dia berinovasi dengan menciptakan berbagai produk dari bahan dasar sampah plastik yang dibuang oleh masyarakat. Bahan dasar untuk membuat produknya adalah plastik kresek atau sampah plastik transparan. Andri dan teman-temannya mampu membuat produk yang dibutuhkan sehari-hari, seperti tas, dari bahan plastik bekas yang sudah dibuang.


Apa saja produk yang sudah diciptakan oleh Andri dari usahanya ini? Beberapa barang yang dibuatnya dari bahan plastik antara lain; tas keranjang, jas hujan untuk pengendara motor, tas laptop, dan dompet. Sangat unik bukan?


Dalam satu bulannya Andri dan 6 karyawan yang membantunya dapat menghasilkan berbagai produk kebutuhan, terutama kaum hawa. Dan untuk membuat produk mereka itu, mereka menghabiskan paling sedikit 500 kg sampah plastik dalam satu bulannya. Dan keuntungannya tentu saja jauh lebih besar dari harga dasar dari plastik itu sendiri. Selain membantu kebersihan lingkungan, Andri dan kawan-kawan mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan produk yang bermanfaat bagi orang lain. Luar biasa.


Sampah plastik yang didapatkannya berasalh dari limbah masyarakat dan dikumpulkan di Bank Sampah yang dia kelola. Lalu sampah plastik atau plastik kresek kemudia mereka olah menjadi produk yang bermanfaat. 



Sumber Tulisan : http://www.pengusaha.co/thread-376-peluang-usaha-rumahan-memanfaatkan-plastik-bekas-jadi-tas-cantik.html 

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images